Tuesday, November 10, 2015

Pentingnya Penerapan Manajemen Pengetahuan dalam Kemajuan Sebuah Perusahaan

Pentingnya Penerapan Manajemen Pengetahuan dalam Kemajuan Sebuah Perusahaan
Ilustrasi.pixabay.com

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, tehnologi kini semakin maju dari waktu ke waktu seiring kemajuan ekonomi suatu Negara. Dengan kemajuan tehnologi yang semakin berkembang pesat pada saat ini maka ilmu pengetahuan pun semakin pesat berkembang dan semakin banyak dan maju dari hari ke hari. Tehnologi, ilmu dan pengetahuan sangatlah bermanfaat dan sangat penting bagi kemajuan sebuah organisasi, baik pemerintah, swasta, dan kelompok. Begitu juga dengan tingkat kemajuan sebuah perusahaan sangatlah didukung oleh tehnologi dan pengetahuan yang baik dan ilmu pengetahuan yang selalu berkembang pesat.
Perusahan-perusahan besar kini harus selalu bersaing dalam menguasai pengetahuan, baik itu melalui informasi-informasi yang berasal dari seluruh pelosok dunia, nasional maupun Internasional. Untuk itulah perusahaan dituntut untuk mempunyai manajemen pengetahuan yang kuat, dan terlebih lagi jika mempunyai suatu divisi atau unit tugas yang secara khusus menangani masalah-masalah  manajemen pengetahuan itu sendiri.
Seperti yang sering Kita dengar di saat Kita masih duduk di bangku sekolah ataupun saat duduk di bangku kuliah, manajemen merupakan suatu wujud atau cara dalam mengelolah suatu perencanaan, pengorganisiran, memimpin dan mengelolah sumber daya dalam mencapai tujuan. Sedangkan pengetahuan itu sendiri adalah informasi-informasi, data-data, analisis yang tergabung dalam kemampuan pengalaman, ide gagasan, intuisi dan motivasi.
Untuk meningkatkan performa atau kemajuan perusahaan itu sendiri sangat diperlukan disiplin ilmu pengetahuan yakni manajemen pengetahuan itu sendiri. Dengan cara mencari, mengelola dan menyediakan sumber-sumber ilmu yang ada pada saat ini ataupun pada saat yang akan datang untuk kemajuan perusahaan itu sendiri, serta menjamin kinerja yang ada dalam sebuah perusahaan melalui individu atau karyawan perusahaan yang terkait.
Manajemen pengetahuan juga dapat digunakan oleh individu ataupun perorangan dalam memajukan diri Mereka sendiri. Yang perlu diperhatikan oleh perusahaan adalah pengetahuan merupakan aset yang paling berharga bagi perusahaan yang perlu di jaga dan terus dikembangkan dari waktu ke waktu. 
Jadi bagaimana cara menggunakannya..? Secara sederhana saja, itu akan dapat membantu perusahaan di saat adanya masalah-masalah yang sedang dihadapi. Contoh kecilnya dapat digunakan di saat meeting, dapat dipakai disaat sharing, membantu disaat kebuntuan pengauditan, dan lain sebagainya.
Itulah secara konsep, yang paling sederhananya dalam penerapan manajemen pengetahuan. Jangan lupa juga untuk mengutamakan kerjasama di dalam mendukung dan menjalankannya demi kesuksesan dan cita-cita perusahaan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda