Thursday, October 12, 2017

Tips Super Jitu Memasuki Dunia Kerja Baru Bagi Pemula

Pixabay.com


Pertama kali memasuki dunia kerja yang baru, bukan perkara mudah dilakukan bagi kita yang masih pemula. Ataupun sering disebut Fresh Graduate. Rasa canggung, serba salah, grogi, serta kurang percaya diri sering membayangi dalam memulai sebuah pekerjaan.
Kita dituntut untuk cepat dalam melakukan penyesuaian diri di lingkungan tempat bekerja. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan dalam memasuki dunia kerja baru bagi pemula maupun Fresh Graduate.

1. Mengenal baik pekerjaan yang dilakukan
Kita dituntut untuk dapat mengenal baik jenis pekerjaan yang akan dilakukan, sistem yang dipakai serta lokasi yang ada di sekitar pekerjaan. Dengan lebih mengenal pekerjaan kita, maka kita akan tahu apa, bagaimana, kapan, siapa dan mengapa pekerjaan itu dilakukan.
Bisa beradaptasi merupakan modal awal dalam mengenal pekerjaan yang akan kita lakukan. Rasa percaya diri harus terus ditanamkan agar kita lebih percaya pada kemampuan diri untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang ada di depan mata. Tidak lupa juga untuk selalu introspeksi diri dan terus melakukan perbaikan diri.




2. Hubungan yang baik bersama teman kerja

Jangan membiarkan rasa ketidaktahuan kita dalam sebuah pekerjaan. Bertanya dan belajar kepada teman kerja mutlak harus dilakukan. Untuk itu kita harus bisa menjaga hubungan baik kita dengan teman sekerja. Jika hubungan kita dengan teman kerja baik, maka di saat ada masalah, merekalah yang akan membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Jika semua berjalan baik, bukan tidak mungkin team kerja atau team work kita akan menjadi sukses, dan kita akan di nilai sebagai pekerja yang bisa bekerja di dalam team.

3. Memiliki mentor atau pembimbing

Beradalah di sekeliling orang yang mampu membimbing kita dalam bekerja, dan menjadi penyemangat dalam bekerja. Cari orang yang dapat menjadi tempat untuk kita belajar, seorang mentor yang dapat menuntun kita untuk maju dalam bekerja.
Belajarlah tentang hal-hal yang positif, hal-hal yang baru, dan hal-hal yang dapat membuat kita bersemangat dalam bekerja.




4. Selalu Belajar

Sampai kapanpun, hingga menjelang tua pun kita harus tetap bersemangat untuk terus belajar. Mencoba hal yang baru, memperbaiki hal yang buruk, pengetahuan dari hal yang lama merupakan bagian dari pembelajaran.
Luangkan sedikit waktu untuk menyentuh media belajar, seperti buku-buku baik buku online maupun cetak.

Semoga bermanfaat, dan Terimakasih.




No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda