Monday, October 16, 2017

Inilah Rahasia Para Penulis dalam Membuat Karya Tulisannya




Menulis sangat mudah untuk diucapkan dengan kata-kata, namun sulit untuk dilaksanakan. Menulis tidak semudah di saat kita hanya membaca, perlu beberapa strategi untuk merealisasikan sebuah tulisan. Sebenarnya menulis itu mudah untuk dilaksanakan, hanya saja bobot ataupun isi dari tulisan tersebut akan berbeda-beda penilaiannya.
Menarik, bermanfaat, unik, menginspirasi, merupakan manfaat yang dapat diambil dari isi dalam sebuah tulisan yang telah dibaca. Jika kita memiliki minat untuk membuat sebuah tulisan, berikut tips rahasia yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah tulisan.

1. Menulis

Ya, menulislah jika kita ingin menulis. Jangan ditunda-tunda keinginan untuk menulis tersebut. Selama kita tidak pernah memulainya, selama itu tidak akan pernah ada tulisan yang tercipta.
Manfaatkanlah ide, moment, semangat dan keinginan yang telah menghampiri kita tersebut, karena jika tidak dilaksanakan maka semua ide yang telah ada di kepala akan cepat menghilang dari pikiran kita. Untuk menjadi penulis haruslah dimulai dengan menulis, menulis dan menulis.


Baca Juga : 


2. Membaca

Dengan banyak membaca maka akan bertambah banyak juga pengetahuan kita akan isi dari tulisan kita tersebut. Perbanyaklah kosakata atau perbendaharaan kata agar tulisan kita lebih berisi, berwarna, dan terus berkembang dari hari ke hari.
Luangkanlah waktu kita untuk membaca minimal setengah jam dalam sehari. Orang yang hobi menulis, harus juga hobi membaca, keduanya tidak dapat dipisahkan.


3. Memiliki Teman-teman yang Gemar Menulis

Ikutlah dalam komunitas-komunitas para penulis, seperti para pecinta puisi, novel, komik, dan komunitas literasi lainnya. Dengan banyak memiliki teman yang memiliki hobi yang sama, maka akan semakin banyak juga kita mendapat pelajaran yang berarti tentang dunia kepenulisan.
Dengan memiliki wadah kepenulisan akan memacu semangat kita untuk memiliki karya-karya hasil diri sendiri, seperti teman-teman kita yang telah lebih dahulu memiliki karya mereka sendiri. Komunitas-komunitas literasi biasanya telah memiliki perencanaan kegiatan yang telah mereka agendakan bersama.


4. Mengirimkan Hasil Tulisan Kita

Di media online maupun cetak seringkali terlihat brosur-brosur atau pengumuman tentang perlombaan kepenulisan. Lomba-lomba yang sering diadakan antara lain, lomba puisi, cerpen, novel, blog kompetisi, dan masih banyak lagi lomba-lomba di bidang kepenulisan.
Selain mengikuti lomba-lomba tentang kepenulisan, kita bisa juga mengirimkan hasil karya tulisan kita ke media cetak. Biasanya media cetak telah menyediakan halaman tersendiri untuk kolom para penulis luar. Tulisan yang sering diterima yakni pada kolam opini, cerpen dan puisi. Jika diterima, selain tulisan kita dimuat, biasanya ada juga honor buat si penulis.

Untuk menjadi penulis, kita harus mulai menulis, menulis dan menulis!


Baca Juga :



No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda