Friday, November 27, 2015

Meningkatkan Pengembangan Usaha Kecil Masyarakat dengan Sistem Kemitraan






Usaha kecil dan menengah merupakan sebuah pondasi awal dalam perekonomian masyarakat. Di saat krisis ekonomi melanda, usaha kecil masyarakat turut membantu di dalam menunjang stabilitas  perekonomian. Untuk itu usaha kecil masyarakat harus terus diperhatikan, dikembangkan dan ditingkatkan dalam kesuksesan usahanya.
Salah satu cara yang dapat meningkatkan dalam pengembangan usaha kecil dan menengah, terutama usaha kecil yang ada yakni dengan sistem kemitraan ataupun dengan cara pola kemitraan. Kemitraan adalah suatu bentuk kerjasama di dalam usaha antara usaha kecil / pengusaha kecil dengan usaha besar / pengusaha besar yang disertai dengan pembinaan, pengembangan dan dukungan oleh usaha besar / pengusaha besar.

Fokus utama sistem kemitraan adalah pada sebuah usaha kecil, karena usaha kecil merupakan embrio dari kegiatan usaha perekonomian terutama yang berada di Desa-desa atau pedesaan. Sistem Kemitraan harus benar-benar memperhatikan prinsip-prinsip saling bekerjasama, saling memerlukan, saling mendukung, saling memperkuat dan juga saling menguntungkan.
Untuk melaksanakan kerjasama tersebut maka pihak-pihak yang terlibat harus benar-benar mendapatkan ataupun memperoleh manfaat dari hasil kerjasama tersebut. Ekonomoi pedesaan harus benar-benar didukung dan dikembangkan, dalam sebuah pengembangan ekonomi yang berkelanjutan.

Jadi, apa tujuannya jika kemitraan tersebut dilaksanakan? Pasti ada..! Sebenarnya setiap kegiatan harus mempunyai tujuan, apalagi kemitraan, pasti ada juga tujuannya. Tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan kemitraan bukan hanya pada usaha kecil akan tetapi juga pada usaha besar dan juga pemerintah.
Tujuan yang dicapai yaitu untuk meningkatkan pendapatan dari usaha kecil tersebut, untuk meningkatkan didalam perolehan nilai tambah bagi pelaku-pelaku kemitraan. Bagaimana hubungannya dengan perekonomian nasional..? Hubungannya jelas.! Yakni untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dimana usaha kecil tersebut tumbuh, terutama di pedesaan. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi wilayah dan nasional, meningkatkan ketahanan ekonomi nasional dan juga mengurangi tingkat pengangguran yang ada dengan memperluas kesempatan kerja.

Sekarang ini sudah banyak para pelaku usaha yang berani dan mulai menunjukan kegigihannya di dalam kegiatan usaha yang dilakukannya, meski hanya dalam skala yang kecil bahkan bisa dikatakan cukup kecil.

Pada prinsipnya sistem kemitraan ini terjadi karena adanya saling membutuhkan, saling menguntungkan dan saling mendukung serta saling menguatkan antara satu sama lain. Bagaimana jika sudah menjadi kewajiban dari pekerjaan pelaku, individu atau kelompok seperti pada Pemerintahan, yang diwakili oleh Dinas yang berkecimpung di dalam usaha kecil dan menengah..? Itu juga akan saling membutuhkan yang mana karena tugas, saling mendukung yang mana karena kewajibanya, saling menguntungkan yang mana berdampak pada perekonomian nasional dan saling menguatkan, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda