Tuesday, December 1, 2015

Pentingnya Membentuk Kemitraan Untuk Usaha Kecil Masyarakat








Pada dasarnya pola kemitraan didalam usaha kecil masyarakat perlu dibentuk karena adanya  saling membutuhkan yang dirasakan oleh pihak-pihak yang akan bekerjasama ataupun bermitra, dan dapat saling memberi manfaat didalam menjalankan kegiatan usaha tersebut. Didalam melaksanakan kegiatan kemitraan juga memerlukan waktu dan proses, tidak asal-asalan ataupun sekedarnya saja.


Kegiatan pengembangan usaha kecil masyarakat dalam kemitraan dapat dimulai dengan membangun hubungan yang baik. Bagaimana caranya untuk membangun suatu hubungan yang baik?. Secara sederhana biasanya dapat dimulai dengan cara mengamati, lalu mempelajarinya kemudian menjalin komunikasi secara continue serta jalinan koordinasi antar pihak. Dengan begitu diharapkan dapat saling mengerti kondisi bisnis antar pihak yang bermitra. Setelah itu baru diterapkan dan dikembangkan strategi dan program yang ada dengan jelasnya suatu usaha, bersama dengan dimulainya pelaksanaan kemitraan usaha kecil masyarakat tersebut. Setelah berjalan tidak lupa pula antar pihak untuk dapat mengevaluasi perkembangan usaha yang sedang berjalan, dan itu tidak dapat ditinggalkan begitu saja dan pihak usaha besar tetap harus terus memonitor kegiatan usaha kecil yang sedang berlangsung dengan waktu yang telah dijadwalkan.


Usaha besar dalam hal ini pengusaha besar sangat berperan penting dalam pembinaan, dukungan dan pengembangan kepada usaha kecil dalam hal ini pengusaha kecil. Yang tidak lepas dan perlu dilakukan oleh pengusaha besar adalah dengan terus memberikan bimbingan, saran, masukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari usaha kecil tersebut. Pengusaha besar juga harus bisa menyusun rencana usaha dan siap menyumbangkan dananya sebagai modal usaha, baik itu digunakan untuk sarana produksi maupun digunakan untuk meningkatkan keahlian sumbar daya manusia dari usaha kecil tersebut.


Yang sering menjadi kendala usaha kecil masyarakat yakni masalah pemasaran, untuk itu pengusaha besar dapat membantu didalam pencarian pangsa pasar. Kegiatan promosi hasil usaha kecil juga harus dijalankan, dengan promosi yang ada setidaknya dapat memperkenalkan produk hasil usaha kecil masyarakat.  Jaringan bisnis usaha akan terbentuk dengan sendirinya jika produk yang dihasilkan telah dikenal, dengan tidak mengesampingkan kualitas dan kuantitas yang ada pada produk yang dihasilkan. Disini semua pihak yang terlibat harus benar-benar saling membantu dan saling mempercayai antar pihak. Dengan adanya jaringan bisnis maupun hubungan bisnis jangka panjang diantara pihak diharapkan dapat memberikan solusi dan perkembangan usaha kecil didalam masyarakat.















No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda