Monday, January 30, 2017

Mencari Kerja? Inilah yang Harus Dilakukan Mahasiswa Sebelum Lulus Kuliah!


pixabay.com




Sebelum lulus kuliah, ada baiknya mahasiswa untuk mempertajam kemampuannya di luar keahlian jurusan. Banyak tantangan yang akan dihadapi dalam mencari lowongan pekerjaan. Persaingan di dunia kerja pun sangatlah ketat.
Jangankan mencari kerja yang sesuai dengan passion Kita, yang di luar passion Kita pun penuh dengan persaingan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah bekal dalam mengarungi dunia kerja nantinya.

1.      Mengikuti Seminar dan Pelatihan
Di luar jam belajar ataupun di luar kampus, jika ada penyelenggaraan seminar dan pelatihan ada baiknya Kita ikuti. Apalagi jika seminar yang diselenggarakan tersebut bersifat terbuka untuk umum dan gratis, jangan di sia-siakan kesempatan tersebut.
Ilmu yang didapatkan dari mengikuti seminar tersebut bisa dijadikan tambahan ilmu dan memperbaiki CV Kita nantinya. Hasil yang didapat dari seminar itu juga nantinya akan dapat dijadikan tambahan Kita dalam mengirimkan lamaran kerja. Yang pasti dapat dijadikan tambahan lampiran di dalam berkas lamaran kerja.

2.      Pertajam Literasi
Untuk memperdalam wawasan Kita, membaca dapat dijadikan kegiatan rutin dalam keseharian. Dengan membaca Kita bisa menjadi tahu, apa yang tadinya tidak Kita ketahui. Ilmu Kita pun dari waktu ke waktu akan terus bertambah dan semakin mempertajam pengetahuan. Selain membaca, mengasah tentang kepenulisan juga harus dilakukan.
Orang yang senang menulis biasanya mempunyai hobi membaca. Skill kepenulisan nantinya sangat berguna dalam melamar kerja. Dunia kepenulisan pun masih sangat besar mempuka peluang bagi para sarjana yang baru lulus.

3.      Mengikuti Kursus
Keahlian tambahan dapat dimiliki para calon sarjana dengan mengikuti kursus. Ada banyak kursus yang ditawarkan oleh para penyedia jasa pendidikan. Kursus-kursus yang sering diambil antara lain, kursus office, kursus design grafis, kursus bahasa, kursus interpersonal skill, dan kursus-kursus lainnya.
Dengan mengikuti kursus tersebut, keahlian yang Kita punyai akan bertambah dan yang pasti jaringan sosial Kita juga akan bertambah. Tak hanya itu, isi dari CV Kita juga akan semakin berisi dan menarik.

4.      Sukarelawan
Sebagai calon pencari kerja, Kita juga harus menunjukan bahwa Kita memiliki pengalaman dalam bersosialisasi, dengan pernah mengikuti kegiatan-kegiatan sosial. Kegiatan-kegiatan sosial ini datangnya bisa dari pemerintah, swasta maupun organisasi.
Dengan seringnya Kita mengikuti kegiatan sosial, itu menunjukan bahwa Kita memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dalam pergaulan pun Kita lebih dinilai positif dan memiliki jaringan sosial yang baik.





No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda