Thursday, January 28, 2016

Pelatihan Sebelum Berlatih Menjadi Tipe Karyawan


Sebelum Berlatih Berusaha

pixabay.com



Sebelum melakukan atau memulai suatu usaha, diharapkan para pekerja pemula untuk terlebih dahulu belajar melatih diri dalam menghadapi usahanya kelak. Seperti seorang pengusaha muda yang membuka warung makan, Ia terlebih dahulu membekali diri dengan pengetahuan tentang masakan, setidaknya mengetahui seluk beluk kondisi masyarakat sekitar warung makan yang didirikan tersebut.
Begitu juga bagi karyawan swasta yang baru diterima di suatu perusahaan, semestinya ia harus diberikan pelatihan, magang atau kursus mengenai pekerjaan yang akan ia lakukan kelak di perusahaan. Setidaknya ada masa-masa orientasi didalam lingkungan pekerjaan.


Jika seseorang dibiarkan terus untuk bekerja secara langsung dan hanya bermodalkan pengamatan dan pembiasaan diri saja, maka ia akan banyak menghabiskan waktu dengan percuma sehingga kinerjanya menjadi tidak efektif dan tidak efisien.
Jika jangka waktu yang dibutuhkan terlalu lama dalam mencapai pemahaman pekerjaannya, bahkan sampai habis masa percobaan maka perusahaan ataupun tempat usaha tersebut akan mengalami kerugian yang dihitung dari waktu yang tidak produktif, hal ini juga akan berpengaruh dari kualitas hasil kerja yang dihasilkan.
Sikap, sifat dan mental juga akan berpengaruh dalam mengambil sebuah keputusan. Jangan tersimpan duri terlalu lama di dalam daging, bagai bom waktu akan meledak pada waktunya tanpa Kita ketahui. Karyawan seperti ini sangat sulit diprediksi karena keahliannya dalam berteori dengan modal wawasan tulisan-tulisan yang telah terekam dalam otaknya.


Sangat diuntungkan jika karyawan yang dipekerjakan memang memiliki pengetahuan dan pengalaman kerja yang baik dan sangat di butuhkan dalam perusahaan atau tempat usaha, sehingga biaya yang digunakan untuk pelatihan pekerja dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran lainnya.
Maka prinsip ekonomi pun berlaku bagi pengusaha dari hasil pekerja dalam memulai pekerjaannya, dan bisa saja upah pekerja yang murah akan didapatkan. Namun jika itu terjadi, maka yang akan tersisa hanya bagian dari kulit kayu atau benalu.
Adakalanya dalam dunia tenaga kerja sekarang ini, untuk memperoleh tenaga-tenaga yang berpengalaman ataupun ahli dibidangnya semakin kompetitif, sehingga para kompetitor pun saling berburu karyawan incarannya yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja usaha atau perusahaannya.

Terimakasih.





"Mari Belajar"







No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda