Wednesday, February 3, 2016

Penerapan Teknik Kuantitatif Dalam Analisa


Teknik Kuantitatif



Dalam melakukan sebuah analisa banyak digunakan beberapa metode ataupun teknik yang dipakai, biasanya sebelum melaksanakan proyek ataupun usaha terlebih dahulu dilakukan analisa. Analisa juga sering dipakai dalam memecahkan persoalan yang ada ataupun digunakan sebagai penelitian atau riset untuk mencapai suatu tujuan atau maksud tertentu.
Teknik analisa sering dipakai oleh pemerintah maupun swasta didalam mengambil ataupun membuat kebijakan-kebijakan ataupun aturan-aturan yang akan dipakai, untuk itu analisa yang tepat dan terukur harus jelas-jelas dilaksanakan dengan cermat dan cerdas.


Diantara teknik analisa yang dipakai antara lain teknik analisa kuantitatif, yang mana teknik analisa data kuantitatif ini pada umumnya dengan menggunakan bantuan statistik. Banyak teknik analisa kuantitatif yang dapat dipakai, dan bila memakai teknik analisa statistik pun masih bisa dilakukan dengan cara yang sederhana maupun dengan cara yang canggih atau menggunakan bantuan tehnologi. 
Oleh karena itu jika berkeinginan untuk memperdalam ataupun berkeinginan untuk mempelajari analisa kuantitatif didalam diagnosa pekerjaan harus memperdalam dan dipelajari statistik.


Pada banyak kasus atau permasalahan yang komplek, teknik analisa mempunyai peranan yang penting didalam memecahkan permasalahan yang ada. Cara yang sangat sederhana dan mudah dicerna oleh para pemula yakni teknik menarik kesimpulan dari semua pokok bahasan menjadi rata-rata yang telah dinilaikan.
Teknik menarik kesimpulan sangat mudah dilakukan ketika semua data telah terkumpul dan telah memiliki nilai rata-rata dari setiap pokok bahasan yang ada. Setelah semuanya terkumpul dan terangkum, maka dengan mudah dapat dilihat rata-rata skor atau nilai dari pokok bahasan dalam jangka waktu tertentu.
Namun nilai dari rata-rata tersebut harus dapat dibandingkan dengan ukuran-ukuran lainnya. Frekuensi penyebaran yang ada bisa juga digunakan untuk lebih memperjelas maksud ataupun pengertian dari data-data yang telah terkumpul dan terangkum.


Teknik kualitatif yang sangat sederhana ini bisa dipelajari sendiri, dan jika ingin mendalaminya maka perlu mempelajari statistik. Untuk menggunakan cara yang lebih modern maka dapat menggunakan teknik ataupun program-program dengan menggunakan bantuan komputer.
Bila perlu, kini tempat-tempat kursus komputer atau balai pelatihan komputer dan lain-lain telah banyak yang menawarkan program-program ilmu statistik.





“Mari Belajar”













No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda