Sunday, February 28, 2016

Belajar Mengenal kepribadian


Belajar Mengenal kepribadian

pixabay.com


Pribadi adalah diri sendiri dan kepribadian itu adalah keseluruhan dari cara individu untuk beraksi ataupun bereaksi dan berinteraksi dengan individu yang lainnya. Kita harus bisa mengenal kepribadian kita sendiri secara mendalam dan terukur didalam kepribadian itu sendiri.
Kepribadian itu sendiri dapat kita ukur dari apa yang kita lakukan atau apa yang kita tunjukan kepada orang lain yang mempunyai sifat yang terukur. Karakteristik dari genetis bawaan dapat berpengaruh terhadap sifat yang dirasakan, seperti perasaan takut, rasa malu, rasa minder dan lain sebagianya. Dan diharapkan dapat memiliki kepribadian yang menyenangkan dari pribadi ataupun individu-individu tersebut.

Lingkungan juga menjadi salah satu faktor  yang mempengaruhi terhadap pertumbuhan dan perkembangan karakter dari pribadi itu sendiri, dan menjadi faktor pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan kepribadian itu sendiri. Kita hidup dilingkungan yang mempengaruhi pola pikir dan perkembangan pribadi, sehingga tumbuh berkembang dan dibesarkan dengan norma-norma yang berlaku didalam lingkungan itu sendiri.
Kepribadian yang terbentuk dari lingkungan itu sendiri memiliki peranannya didalam perkembangan pribadi, contoh yang dapat diambil adalah sikap, norma yang terbentuk dari budaya, serta nilai-nilai yang telah ada ataupun yang terus-menerus terbentuk dari warisan sebelumnya.

Selain itu semua, karekteristik dari kepribadian itu sendiri terbentuk dari etika-etika yang juga turut berperan dalam perkembangan kepribadian. Kepribadian yang terbentuk dari masing-masing individu dapat dibedakan dari individu yang satu dengan individu yang lainnya.
Hal ini dikarenakan dari masing-masing individu tersebut memiliki karakter masing-masing yang terbentuk dari kualitas perilaku itu sendiri, sehingga memiliki kualitas dan keunikannya masing-masing.
Diharapkan karakteristik yang terbentuk dari setiap individu-individu yang mempelajari dan mengenal kepribadiannya, dapat memiliki karakteristik kepribadian yang sehat. Kepribadian yang sehat akan memiliki karakteristik pribadi yang menyenangkan dan mengagumkan dari pribadi-pribadi yang selalu didambakan dari setiap kepribadian masing-masing. Dengan memiliki kepribadian yang sehat maka individu-individu tersebut akan mampu untuk menilai diri mereka sendiri.

Penilaian diri sendiri tersebut dapat membuat individu tersebut untuk membedakan dan mengukur tingkat kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri mereka sendiri. Dengan mengetahui kelemahan atau kekurangannya dan mengenal kelebihannya, maka mereka pun akan mampu untuk menilai keadaan.
Situasi dan kondisi kehidupan yang terjadi ataupun yang akan dijalani dapat dinilai dan diterima secara wajar, dan memaklumi, mengerti akan ketidaksempurnaan kehidupan. Dari semua karakteristik yang terbentuk tersebut maka akan terbentuk juga tanggung jawab akan kehidupan yang dijalaninya, dengan rasa bangga, bahagia, mandiri dan memiliki pemikiran yang jauh kedepan.







No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda