Sunday, November 27, 2016

Ketela Rambat yang Kaya Manfaat

Dok.Pri


Siapa yang tidak kenal dengan Ketela rambat?, dari anak kecil sampai orang tua mengenal yang namanya ketela rambat atau ubi jalar. Ketela rambat “Ubi goreng” biasa dikonsumsi pada pagi hari, sore hari maupun di saat-saat lagi bersantai. Ketela rambat harganya pun tidak begitu mahal, masih sanagt terjangkau oleh kantong masyarakat kelas bawah. Rasanya yang enak, lembut dan memiliki karbohidrat yang tinggi dapat dijadikan makanan pengganti nasi (beras).
Daging Ketela rambat ada yang berwarna putih, kuning dan ungu. Dan yang paling sering dicari adalah ketela rambat ungu, dikarenakan ketela tersebut memiliki khasiat yang lain dari ketela rambat yang lain. ketela rambat sangat digemari oleh masyarakat pada umumnya, dan masih menjadi salah satu tanaman favorit bagi petani untuk menanamnya.

Ketela rambat ataupun orang menyebutnya juga dengan sebagai ketela rambat, dikarenakan tanaman ini yang hidupnya merambat atau menrambat di atas tanah. Ketela rambat mempunyai beragam manfaat yang cukup baik bagi kesehatan. Diantaranya mengandung antosianin pada ketela ungu yang bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menyerap polusi udara, oksidasi di dalam tubuh dan dapat menghambat penggumpalan darah sehingga kesehatan aliran darah menjadi lebih lancar. 
Kandungan betakarotin, vitamin E dan vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker.  Serat dan pektin dalam ketela ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon. Antosianin ketela ungu juga memiliki fungsi fisiologis misalnya sebagai antioksidan, anti kanker, anti Bakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke. 
Ketela rambat ini juga dapat dijadikan sebagai sumber makanan kabohidrat bagi tubuh. Selain itu juga, warna pada ketela rambat juga sering dipakai dalam membuat makanan olahan sebagai pewarna makanan yang alami. Biasanya Sering kita lihat pada makanan seperti puding, agar-agar, jely, kue bolu dan lain sebagainya. Warna alami makanan yang sehat, tanpa bahan pengawet.

Ketela rambat kini telah digandrungi oleh para pebisnis dan pecinta kuliner. Kini semakin banyak makanan olahan yang terbuat dari bahan ketela rambat, yang dapat kita temukan dengan mudah di pasar, ataupun di tempat-tempat penjualan makanan. Makanan olahan dari ketela rambat ini di antaranya bronis, kue bolu, puding, agar-agaran dan lain sebagainya.
Rasanya pun tak kalah nikmatnya dengan makanan olahan dari bahan lainnya. Yang paling sering kita jumpai adalah ketela atau ubi goreng yang sering di jual oleh para penjual gorengan di kaki lima. Ada lagi oleh-oleh yang sering kita jumpai, yakni aneka macam keripik ubi. Keripik ketela ini renyahnya tak kalah dengan keripik kentang.
Bagaimana dengan minumannya?, mungkin anda sudah mendengar tentang minuman es ubi jalar, atau anda pernah mencicipi nikmatnya es cream ubi jalar. Waah.., pasti segar betul menikmatinya di susana hari yang panas. Kalau suasana di luar dingin pun masih ada makanan hangat hasil dari kelola ubi jalar ini. Biasanya di saat bulan ramadhan kita sering melihat makanan yang satu ini. Yaa.., kolak ubi jalar. Kolak ubi jalar ini juga sangat nikmat untuk dinikmati di saat cuaca lagi dingin.

Bagaimana?, banyak bukan manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi ketela rambat ini. Ketela rambat adalah makanan tradisional yang kaya akan manfaat dengan rasa yang tak kalah nikmat dengan makanan tradisional yang lain. Sediakan ubi jalar atau ketela rambat di rumah anda, rasakan nuansa ketelanya dalam suasana santai keluarga anda.



No comments:

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda